oleh

GIBAS Cianjur Gelar Seminar dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

CIANJUR – Gabungan Inisiatif Anak Siliwangi (GIBAS) Cianjur, menggelar Seminar dan Sosialisasi 4 (empat) Pilar Kebangsaan tahun 2019 di Aula Valley Sarongge Desa Ciputri Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan perwakilan anggota sektor GIBAS se-kabupaten Cianjur dan dihadiri oleh Ketua Umum DPP GIBAS H. Syuhaya Djati Prakarsa, Ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur Susilawati, Ketua Resor GIBAS Cianjur Yudi Dharmawan, Kabid Kesbangpol Cianjur Wahyu, Kapolsek Pacet serta tamu dan undangan lainnya.

Ketua Resor GIBAS kab. Cianjur Yudi Dharmawan, mengatakan, sosialisasi ini mengusung tema Cinta NKRI. Hal tersebut sekaligus merupakan rasa nasionalisme yang ditanamkan dan disebarkan oleh para anggota Gibas dari setiap sektor.

“Selain seminar yang disampaikan, kita tanamkan rasa wajib cinta tanah air. Ini juga sesuai ikrar Gibas, yaitu kita akan selalu mendukung pemerintahan yang sah dan legitimit” kata Yudi

Yudi menjelaskan bahwa sosialisasi empat pilar Kebangsaan pertama dalam kepemimpinannya ini dapat membawa pengaruh yang kuat dalam membangun rasa nasionalisme. Sehingga semua anggota, peserta dan masyarakat dapat mengimplementasi kannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan sepulang dari sini, semua pihak dapat membawa manfaat yang dirasa untuk lebih sadar lagi mencintai tanah air dengan mengimplementasikan empat pilar ini di kehidupan sehari-hari” kata Yudi.

Ketua Umum DPP GIBAS H. Syuhaya Djati Prakarsa, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gibas Cianjur yang menyelenggarakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini yang tidak bisa ditawar-tawar keberadaanya.

“Empat pilar ini adalah konsensus dasar nilai-nilai luhur bangsa yang bersifat final,” kata Syuhaya

Pancasila adalah dasar negara, Undang-undang Dasar 1945 merupakan dasar hukum negara, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendorong semangat tidak ingin membentuk negara federal atau bentuk lainnya, sementara Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan negara.

kegiatan ini dilangsungkan sebab akhir- akhir ini banyak isu yang ingin memecah belah masyarakat. Isu komunisme, radikalisme, propoganda, Hoax dan sebagainya akan menimbul kan banyak perpecahan. Apalagi jika isu itu digaungkan di daerah.

“Kegiatan ini bermaksud memberikan pemahaman kebangsaan sebagai perekat kesatuan bangsa. Sekaligus menjadi upaya untuk meningkatkan pemahaman ideologi Pancasila,” tandas Syuhaya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur Susilawati, mengucapkan terima kasih kepada organisasi Gibas yang sudah melaksanakan acara sosialisasi empat pilar kebangsaan ini karena merupakan sebuah kegiatan yang positif.

Susi menjelaskan, bahwa hal ini menyadarkan akan pentingnya kita sebagai anak bangsa itu dan sebagai orang organisasi itu benar-benar berpijak pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 kemudian Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Hal itu yang menjadi acuan dari setiap organisasi yang ada di Indonesia termasuk di Gibas itu sendiri,” kata Susi

Lebih lanjut kata Susi yang juga sebagai anggota DPRD Cianjur, dalam kapasitas saya sebagai narasumber tentu akan menyampaikan lebih kepada mengenai sejarah tentang lahirnya Pancasila di mana dalam keputusan Presiden Pak Jokowi sudah ditetapkan bahwa hari lahir Pancasila itu tanggal 1 Juni 1945 dan tentu itu harus diketahui oleh generasi muda kader-kader gibas dan ataupun masyarakat pada umumnya.

“Harus di ketahui bagaimana isi dari Pancasila 1 Juni 1945 itu bagaimana dan gimana pada saat sidang proses BPUPKI PPKI sampai dengan hari ini nilai-nilai Pancasila itu harus betul-betul dijadikan falsafah hidup yang bukan saja kita hafal secara pasal demi pasal tetapi itu harus tercermin dalam perilaku dalam sikap keseharian,” pungkas Susi. (Denni Krisman)

Berita Terbaru