by

Hari Kedua Pelatihan KEI Skrining TB

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

CIPARAY,- Usai mengikuti materi pelatihan Skrining TB, 30 Kader Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung kini mereka melakukan praktek lapangan sesuai dengan materi yang telah di pelajari para kader hari senin (07/10/19) di Aula Desa Babakan.

Ketua Tim Pokja Stikes Immanuel Herwinda, S.Kep., Ners., M.Kep mengatakan peraktek Skrining TB dipandang perlu untuk dilaksanakan. Dengan tujuan, agar materi pelatihan yang didapat para kader dapat direalisasikan dilapangan.

“Jangan hanya berbicara teori, karena penangan pasien Tb harus dengan perakteknya. maka dengan itu, sangat diperlukan peraktek Skring TB,” tutur Herwinda Kepada wartawan, selasa (08/10/19) siang tadi di Desa Babakan Kecamatan Ciparay.

Baca Juga Ini  Rapat Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Subang

Dalam peraktek nya nanti. Para kader yang sudah mengikuti pelatihan harus mampu mempraktekan cara mendapatkan pasien TB dan mengajak pasien tsb mau untuk berobat. “para kader harus bisa mendapatkan pasien TB, mengajak Pasien tersebut. dan dibujuk untuk di obati,” katanya.

Selain cara mendapatkan pasien TB. Para kader yang sudah dilatih, harus bisa memperaktekan cara pengambilan dahak kepada pasien TB dan dibawa sampel nya ke puskesmas. “harus bisa mengambil sample dahak pasien TB dan dibawa ke Puskesmas,” tandas Dosen Stikes Immanuel.

adapun dalam pelaksanaan peraktek. tidak hanya melibatkan para kader yang sudah mengikuti pelatihan saja.

Baca Juga Ini  Presiden Jokowi Sapa Tamu Undangan dan Masyarakat

melainkan semua dosen Stikes Immanuel sebagai Fasilitator, mahasiswa dan pihak Puskesmas Pakutandang Kecamatan Ciparay kabupaten Bandung turut mengikutu pelaksanaan peraktek nya.

 

dalam acara kegiatan peraktek Skrining TB turut dihadiri puskesmas pihak Pakutandang hadir sebagai fasilitator praktek skrining TB terhadap puluhan kader yang sudah mengikuti pelatihan Skrining TB.

Jajaran fasilitator dari Stikes Immanuel diantarannya Dr. Gurdani Yogisutanti, SKM., M.Sc, Herwinda, S.Kep., Ners., M.Kep, Linda Hotmaida., S.Kep., Ners., M.KM Lidya Maryani, MM., M.Kep, Fahmi Fuadah, SST., M.Kes dan Widawati, SKM., M.KM, Kepala Desa Babakan Kecamatan Ciparay, Puskesmas Pakutandang.(*)

Comment

Berita Terbaru