oleh

Inilah Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 H dikabupaten Cianjur

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

CIANJUR – Pelaksanaan Sholat Idul fitri 1441 H yang biasanya digelar di Masjid Agung Cianjur kini digelar di lapang Prawatasari Joglo Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Minggu (24/5/2020).
Berdasarkan pantauan dilapangan, dalam Pelaksanaannya, sholat secara umum berlangsung khidmat dan melaksanakan protokol covid-19 berjarak. Di gerbang pintu masuk lapangan Prawatasari, jamaah yang hendak melaksanakan shalat diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu.

Hadir sebagai imam salat Idulfitri Imam KH Muhamad Zainudin yang terlebih dahulu menjelaskan tata cara salat dalam suasana covid-19.

Penceramah Dr Nanang Gozali berdiri dan langsung memberikan tausiyah Idulfitri bertema ibadah dalam suasana covid-19.

Jamaah yang melaksanakan Idul fitri di lapang Prawatasari tak terlalu banyak. Masih tersedia ruang kosong cukup besar di area lapang terutama di barisan shaf wanita.

Dalam isi khotbahnya, ia mengingatkan akan ketakwaan dan kematian yang yang sudah diatur Allah SWT.

“Dengan adanya wabah ini semua mengingat kembali milik Allah SWT, ekonomi yang kuat, negara adidaya yang kuat, semua tak bisa menghindar,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan untuk meningkatkan kepedulian sosial agar lebih tinggi karena makin banyak yang kesusahan.

“Berdosa jika dirinya kenyang sementara tetangganya kelaparan dan tak bisa tidur, semua harus meningkatkan kepedulian sosial,” katanya.

Hikmah wabah, kata Nanang, memberikan manfaat kedekatan dengan keluarga. Karena sering berada di rumah, orangtua yang biasanya sibuk kini selalu berada di tengah keluarga

Nani Setiani (45) seorang warga Cikidang Kelurahan Sayang, semula pergi ke masjid agung alun-alun karena ia biasa melaksanakan salat di sana.

“Tadi sempat ke sana tapi tidak ada orang, lalu ada yang memberitahu ke sini,” ujar Nani.

Nani mengatakan secara umum pelaksanaan salat berlangsung seperti biasa dan khusuk.(Denni Krisman)

Berita Terbaru