by

Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, IbuKota Baru Indonesia

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memutuskan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibukota negara Indonesia.

“Lokasi ibukota baru yang paling ideal adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian besar di Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Senin 26 – 8 – 2019.

Sebelum memberitahukan lokasi di kaltim, Jokowi memberi pertimbangan alasan pemindahan modal. Ia mengatakan, antara lain beban Jakarta yang sudah terlau berat sebagai Pusat Pemerintahan, Ekonomi, dan Jasa sekaligus.

“Ada Bandara dan pelabuhan terbesar di Indonesia,” kata Jokowi menyebut Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai contoh

Menurut jokowi, Kaltim dipilih karena memenuhi kriteria kebutuhan daerah. Misalnya, menghadapi bencana yang minim, memiliki lokasi stategis ditengah tengah indonesia, dan membahas tentang wilayah perkotaan yang telah berkembang di Balikpapan dan Samarinda.

Presiden juga menghargai Kaltim memiliki Infrastuktur lengkap dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar.

Saat mengumumkan kepemilikan baru Jokowi didampingi wakil presiden Jusuf kalla, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Tanpak hadir sebagai pejabat pemerintah, dikeluarkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. (*)

Berita Terbaru