oleh

“Masyarakat Bonelemo Barat Mulai Kembangkan Madu Trigona”

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Infonawacita.or.id Desa Bonelemo Barat adalah wilayah yang berada diatas pegunungan dan berbatasan langsung dengan desa Bonelemo.
Desa Bonelemo Barat merupakam wilayah pemekaran dari Desa Bonelemo Kec. Bajo Barat Kab. Luwu,Jum’at 25 September 2020

Sebahagian wilayah dari Desa Bonelemo Barat adalah kawasan Hutan Lindung yang telah mendapatkan izin dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui skema Hutan Desa dengan No izin
SK. dengan luas 925 Ha.

Pada tahun ini mendapat jatah pendamping Perhutanan Sosial “Local Champion (LC)” untuk membantu Lembaga Pengelolah Hutan Desa (LPHD) Bonelemo Barat, Ashar selaku pendamping LC mengatakan bahwa dengan ditempatkannya saya untuk mendampingi LPHD Bonelemo Barat akan mendampingi masyarakat dalam mengelolah kawasan Hutan Desa dengan berbagai upaya agar masyarakat Bonelemo Barat Bisa sejahtera dan Hutan tetap lestari.

Sementara Ketua Kelompok LPHD Desa Bonelemo Barat Wahid yang baru saja dipilih melalaui revisi pengurus LPHD Desa Bonelemo Barat mengatakan bahwa Desa Bonelemo Barat dengan Skema Perhutanan Sosial Hutan Desa akan melakukan beberapa usaha kelompok dalam Wilayah Kawasan Hutan Desa dengan melakukan pengembangan madu trigona, dengan sistem diternak.

Peternakan Trigona penghasil madu terbaik ini sudah dilakukan oleh sebahagian masyarakat Desa Bonelemo Barat pada bulan Januari lalu dan Insya Allah akan mulai memproduksi madu Trigona pada bulan-bulan Nopember nantinya”Kata Wahid Ketua Kelompok LPHD Bonelemo Barat kepada Awak Media Infonawacita.or.id.

” Kami sudah melakukan usaha ternak trigona dengan membuat tempat ternak dari papan kayu yang kemudian dibuat dengan seperti box dan sudah ada sekitar 300 box kayu dan itu sudah berisi semua.

Ternak trigona ini akan melakukan produksi dalam jangka waktu 3-5 bulan, 1 box kayu itu bisa menghsilkan madu 1 – 2 botol abc.

“Semoga dengan pengembangan usaha ternak lebah trigona ini akan menjadi usaha untuk memajukan perekonomian bagi masyarakat Desa Bonelemo Barat Kedepan,” kata Kepala Desa Bonelemo Barat Palinrungi Arsyad.

Dengan adanya pendamping kehutanan dan revisi pengurus LPHD kita harapkan kedepan bisa membantu masyarakat dalam mengelolah kawasan hutan dan mengembangkan usaha-usaha yang bisa memajukan masyarakat “selaku Pemerintah Desa sangat mengapresiasi usaha-usaha yang dikembangkan lembaga pengelolah hutan di Desa Bonelemo Barat” Kata Kades Bonelemo Barat.(OK)

Berita Terbaru