oleh

PWI, IJTI Bersama Kesbangpol Cianjur Gelar Sawala Politika “Jelang Pilkada 2020”

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

CIANJUR – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Cianjur bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Cianjur,
menggelar acara diskusi politik Sawala Politika bertajuk “Jelang Pilkada 2020” bertempat di kedai cafe 259 dijalan raya Ir. H. Juanda Panembong Cianjur.

Selain dihadiri oleh para Jurnalis, Ketua PWI Cianjur Moch. Ikhsan, Ketua IJTI Korda Cianjur Rendra Gozali, Kepala Kesbangpol Cianjur Dadan Ginanjar, dan Asda III Setda Cianjur Rachmat Hartono, juga dihadiri oleh Anggota KPU Cianjur Hilman Wahyudin serta Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari yang bertindak sebagai narasumber dalam acara diskusi Sawala Politika tersebut.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur, Moch. Ikhsan mengatakan bahwa Sawala Politika merupakan sebuah wadah diskusi dan berbagi informasi, utamanya saat ini menghadapi Pilkada. Kegiatannya bukan hanya kali ini, tapi sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan.

“Sawala Politika ini kami buat dengan tujuan agar media punya peran membangun daerah melalui kemampuan yang dimiliki. Kompetensi kami membangun daerah itu melalui narasi sebagai informasi kepada khalayak,” kata Ikhsan, Senin (27/01/2020)

Baca Juga Ini  Jembatan 'Cinta' Dusun Sukasirna Nyaris Telan Korban

Karena itu, jelas Ikhsan, penting adanya koordinasi dan kolaborasi dengan elemen pemerintahan maupun penyelenggara Pilkada untuk bersama-sama memberikan informasi kepada masyarakat sejauh mana persiapan dan prosesnya.

“Intinya, media jangan hanya jadi alat bagi kelompok, parpol atau siapapun dan harus diajak berdiskusi serta merencanakan bagaimana Cianjur kedepan. KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara harus menjalin kemitraan yang baik dengan media untuk mempublikasikan kegiatan yang berkaitan dengan Pilkada ke masyarakat,” tegas Ikhsan.

Ketua IJTI Korda Cianjur, Rendra Gozali, berharap kegiatan Sawala Politika ini terus dilaksanakan secara rutin untuk membuka wawasan masyarakat terhadap edukasi politik.

Ke depan, kata Rendra, peserta Sawala Politika harus merangkul semua kalangan agar ide dan gagasan bisa muncul yang nanti akan diimplementasikan oleh para pemimpin.

“Media sebagai salah satu pilar demokrasi harus berperan terhadap pembangunan,” tandasnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar, mengapresiasi adanya kegiatan tersebut yang inisiasinya datang dari kalangan para Jurnalis.

Menghadapi Pilkada Kabupaten Cianjur 2020, kata Dadan, semua komponen masyarakat harus ikut menyukseskan nya.

“Ini adalah momentum semua elemen masyarakat, termasuk kalangan jurnalis, untuk ikut berperan pada Pilkada. Saya tentu mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya menciptakan Pilkada Kabupaten Cianjur yang damai dan aman,” kata Dadan

Baca Juga Ini  Bersama Seknas, Begini Alasan Petani Indramayu Dukung Jokowi...!

Dadan menitipkan pesan kepada para jurnalis agar bisa bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah. Sebab, peran media massa sangat penting sebagai corong informasi kepada masyarakat.

“Hadirnya narasumber dari KPU dan Bawaslu, tentu juga bisa memberikan informasi sejauh mana kesiapan para penyelenggara menghadapi Pilkada. Ini tentunya akan dinformasikan kembali kepada masyarakat agar mengetahuinya. Saya percaya, wartawan di Cianjur selalu mengedepankan konfirmasi, tabbayun terhadap informasi yang beredar,” sebut Dadan.

Asda III Setda Cianjur, Rahmat Hartono, pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun menitipkan pesan agar dari forum diskusi Sawala Politika ini akan menghasilkan suatu ide dan gagasan menjaga kondusivitas menghadapi Pilkada.

“Saya acungi jempol bagi para wartawan Cianjur yang bisa berkolaborasi dengan Kesbangpol mengadakan kegiatan ini. Saya yakin, para wartawan juga ingin membangun Kabupaten Cianjur melalui kompetensi yang dimiliki yakni menginformasikan melalui media massa,” pungkas Rahmat yang sekaligus secara resmi membuka acara forum Sawala Politika tersebut. (Denni Krisman)

Berita Terbaru