oleh

Terjun Langsung, Tangkal Virus Corona Ormas Manggala Garuda Putih dan Pemuda Pancasila Serukan ” Pencegahan Kerumunan Massa”

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandung- Paska penundaan penyuluhan Siap Siaga Selamat Darurat Bencana 72 Jam di Sinopsis Creative Place – Cimahi, Badan Penanggulangan Bencana DPP Manggala Garuda Putih didukung Pemuda Tanggap Bencana (PETA) DPW KNPI JABAR dan Komando Inti Mahatidana MPC Pemuda Pancasila Kota Bandung melakukan aksi tangkal virus copid 19 atau yang populer disebut corona.

Aksi dilakukan melalui himbauan kepada masyarakat yang terlihat berkerumun.

Kegiatan tersebut bertujuan membantu pihak berwenang memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Bandung untuk tidak melakukan kegiatan dan berkumpul di tempat umum.

” Kami ingin masyarakat mengerti himbauan ini untuk keselamatan bersama. Jadi diharapkan tidak ada masyarakat yang harus dibubarkan secara paksa oleh kepolisian,” Ujar Rezal Walyan Ketua Badan Penanggulangan Bencana MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Selasa (23/03/2020).

Menurut Cakra, Ketua Badan Penanggulangan Bencana DPP Manggala Garuda Putih, berdasarkan pantauan dari rencana rute yang dibuatnya, kendati kendaraan nampak lengang, namun kerumunan tetap ada.
Seperti dikawasan jalan Suka Jadi misalnya.

” Begitu ke arah Kecamatan Sukajadi ditemukan banyak masyarakat berkumpul tanpa mengindahkan jarak sosial ataupun masker dan sebagainya, begitu juga di daerah Sukamulya,” ujarnya.

Sementara daerah lainnya, lanjut Cakra sudah terlihat steril dari kerumunan massa. Diantaranya daerah Braga dan kawasan alun-alun Bandung.

” Daerah pusat Kota Bandung memang terlihat sudah steril. Banyak polisi berjaga-jaga. Malah kami sempat bersilaturahmi,” imbuhnya.

Cakra berharap aparat Kepolisian Kota Bandung tidak hanya menyisir kerumunan di wilayah pusat kota, tapi bisa bergerak ke pinggiran.

Tak hanya itu Cakra juga mengajak semua ormas dan LSM bisa bergotong royong sampai level kecamatan untuk melakukan himbauan kepada masyarakat.

” Seluruh Ormas/LSM sampai tingkat Kecamatan harus gotong royong cegah corona sekaligus jadi pemersatu dalam hal mitigasi bencana sosial. Dan ini amanah sesuai Undang-Undang Kebencanaan No 24 Tahun 2007,” paparnya.

Aksi cegah virus corona oleh Ormas LSM di Bandung dilakukan seusai rapat kordinasi dengan unsur phantelix. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dan maklumat dari Kepolisian dalam melawan virus corona.(sas)

Berita Terbaru