oleh

Yang Melanggar Langsung Ditilang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Yang Melanggar Langsung Ditilang

Infonawacita.or.id Luwu Timur— KasatLantas melakukan GIAT Operasi Zebra tahun 2020 akan digelar oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Luwu Timur, tepatnya 26 Oktober sampai 8 November 2020 mendatang. Operasi Zebra ini serentak dilaksanakan se-Indonesia.

Kasatlantas Polres Luwu Timur, Iptu Desy Ayu Dwi Putri, SIK mengatakan, Operasi Zebra dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. “Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas ini akan berlangsung selama dua pekan, mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020,” kata mantan Kanit Regident Polres Palopo ini, Rabu 21 Oktober 2020 kemarin.

Pengguna pengendara diharapkan memperhatikan surat- surat kendaraannya sebelum berangkat menggunakan kendaraan mulai roda dua, roda empat dan kendaraan lainnya.

Lanjut Desi” juga menekankan bahwa Operasi Zebra seperti biasa akan mengedepankan pola penegakan hukum berupa tilang terhadap pelanggar lalu lintas yang akan dilakukan di sejumlah ruas jalan utama.

Selain itu di tengah pandemi covid-19 pihaknya juga akan terus memberikan himbauan dan sosialisasi dalam menekan angka penyebaran covid-19. “Dalam Operasi Zebra tahun ini, selain dilakukan penindakan terhadap pelanggar. Kami juga terus melakukan sosialisasi dan himbauan dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19. Utamanya imbauan menggunakan masker dan jaga jarak,” tutur kepada Awak Media Infonawacita.or.id

Diketahui, Operasi Zebra adalah kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk melakukan pemeriksaan surat-surat mengemudi dari para pengendara mobil dan motor dan menindak pelanggar lalu lintas.

Operasi tersebut mengambil nama dari salah satu fitur dari jalan raya yakni jalur zebra. Adapun target operasi zebra, yaitu pengemudi yang memainkan atau menggunakan handpohone saat berkendara, melawan arus lalu lintas.

Kemudian pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (barang atau muatan) dan pengendara yanga masih dibawah umur.
Selanjutnya, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan safety belt (sabut pengaman), menggunakan narkoba dan mabuk serta melebihi batas kecepatan. (“)

Dilansir: dari Palopo Pos

Berita Terbaru