oleh

Asisten ll Lutim: Beras Sehat Metode System’ Of Rice Intensification (SRI) Di Petani Wasponda Yang Mandiri

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
INFONAWACITA.or.id LUTIM Acara Panen Padi Organik dengan Metode System’ Of Rice Intensification (SRI) di Kec.Wasponda Kab.Luwu Timur.Sabtu (28/08/2021).
Asisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan Infrastruktur Pemda Luwu Timur Senfry Oktavianus,S.TP,.M.M melakukan Panen Raya Padi Organik mewakili Bupati Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam hal ini..
Pemerintah bekerja sama dengan Perusahaan ternama di Luwu Timur yaitu PT.Vale Indonesia Tbk dengan program kemitraan berupa  Program Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berupa CSR dalam sektor pertanian diwilayah Kecamatan Wasponda.
Lanjut”Senfry Oktavianus yang juga selaku Ketua Tim Koordinator Kabupaten mengatakan kepada awak media Infonawacita.or.id bahwa program  hibah CSR membuat program disektor pertanian,alhasil program CSR tersebut berhasil di bidang pertanian.”Ungkapnya
Budidaya Padi Organik metode SRI mengutamakan potensi lokal dan disebut pertanian ramah  Lingkungan,akan sangat mendukung terhadap pemulihan kesehatan tanah dan kesehatan pengguna produknya.Pertanian organik pada prinsipnya menitik beratkan prinsip daur ulang hara melalui panen dengan cara mengembalikan sebagian biomasa ke dalam tanah dan konservasi air mampu memberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional.Pungkas Yuli Sumule Ketua APSO.
Adapun metode Padi Organik tersebut terbagi beberapa penjelasan yaitu:
1.Inovasi Metode SRI adalah tehnik Budidaya padi yang mampu meningkatkan produktifitas padi dengan mengubah pengelolaan tanaman.
2.Prinsip-prinsip budidaya Padi Organik Metode SRI adalah Tanaman bibit muda,Bibit ditanam satu pohon perlubang,dan sbg.
3.Keunggulan Metode SRI adalah:
 Tanaman hemat air,hemat biaya dengan
  butuh benih 5kg/ha,hemat waktu dan panen lebih awal,produksi meningkat,ramah lingkungan tidak mengandung kimia.
4.Tehnik Budidaya Padi Organik Metode SRI :Persiapan Benih,Pengelolaan tanah,Perlakuan Pemupukan,Pemeliharaan.
5.Pertanian Padi Organik Metode SRI dan Konvensional adalah Sistem tanam padi organik SRI pada prakteknya banyak perbedaan dengan tanam konvensional.
6.Perbedaan Hasil Cara SRI dengan konvesional.
7.Manfaat Sistem SRI membuka  lapangan kerja di pedesaan,membentuk petani mandiri yang mampu meneliti,mewariskan tanah yang sehat untuk generasi mendatang.
Itulah beberapa kesimpulan Budidaya dan keunggulan Padi Organik Metode SRI (System’ Of Rice Intenzification) tentang apa yang kami dapatkan dari cara bercocok tanam tanpa menggunakan bahan yang berasal dari kimia dan saya mengajak ke para petani ke metode Padi organik SRI tersebut,Tegasnya ke media.
Dalam acara tersebut hadir:
1. Kadis Pertanian Lutim
2. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lutim
3. Kapolsek Wasuponda
4. Senior Manager SDP PT.Vale  Indonesia
5. Pimpinan ATS
6. Pendamping Tehnis
Peningkatan Produksi pertanian berupa padi kiranya bisa menjadi Kabupaten Luwu Timur sentral produksi padi organik yang di dampingi oleh Asosiasi Petani SRI Organik (APSO),yang sekarang  sudah penerapannya ada  di Kecamatan Wasponda oleh pengurus dan anggota APSO.
Dengan hasil Padi Organik memunculkan Beras Sehat Organik yang di kemas 1 kg dengan berbagai jenis beras putih,beras merah,dan Beras Sehat putih-merah dengan label “Matano Rice”.
Panen Padi Organik merupakan jenis bibit padi unggulan dengan metode Pertanian Sehat,Ramah Lingkungan,dan Berkelanjutan (P3SRLB),yang di kelolah oleh APSO dan kedepan  produk padi organik  bisa mengangkat komoditi pertanian khususnya di Luwu Timur menjadi maju,semoga daerah-daerah di Kecamatan juga ikut mengembangkan produk System’ Of Rice Intensification (SRI) bersama dengan APSO dan pada pada tahun 2016 pernah ditanam oleh  petani seluas 135 Ha se Luwu Timur,dan dari pihak PT.Vale agar program CSR terkait dengan bidang pertanian  menyarankan membuat program ke kecamatan lainnya dan mengatasi Pemulihan Ekonomi Nasional  di masyarakat para petani khususnya akibat wabah yang melanda di negeri ini,Ujarnya ke Awak Media Infonawacita.or.id (OK)

News Feed