oleh

Pengiriman Logistik Untuk Korban Gempa Sulbar Lewat Kapal Laut

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Infonawacita.or.id MAKASSAR -Keberangkatan Rombongan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah Bersama dengan Pangdam XlV Hasanuddin dan Kapolda Sulsel setelah tiba di lokasi terjadi Gempa di Sulawesi Barat akan bersiap mengirim bantuan berupa tenaga medis dan barang kebutuhan pokok untuk warga terdampak gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

“Insha Allah jam 2 akan berangkat kapal dari angkatan laut untuk membawa beberapa logsitik, beras, kebutuhan sehari-hari. Kami juga persiapkan untuk mengirim tenaga medis,” kata Nurdin Abdullah, Jumat (15/1/2021) pagi tadi.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel untuk mengirim tenaga medis dan kebutuhan lainnya menggunakan helikopter.

“Kami sudah koordinasi dengan ketua PMI Sulsel, sudah siapkan semua dokter. Insha Allah. Kita sudah sudah koordinasi dengan Panglima AU dan pesawat hercules sudah disiapkan. Ada tiga heli yang akan stand by di sini untuk mem-back up kebutuhan yang ada di Sulbar. Karena jalan-jalan putus,” urainya.

Selain mengirimkan bantuan, Nurdin Abdullah bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka dan Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam meninjau dari udara terkait kondisi terkini Sulbar pagi ini.

“Kemudian gempa bumi yang terjadi di Sulbar mudah-mudahan pemerintah, gubernur dan jajaran di sana diberikan kekuatan untuk bisa menyelamatkan. Insha Allah kita akan bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Sulbar,” Ungkapnya.

 

Menurut Nurdin Abdullah, sejauh ini sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan PLN untuk segera turun melihat dan memperbaiki kondisi jaringan maupun aliran listrik pasca gempa bumi dengan kekuatan 6.2 Skala Richter (SR).

“Saya sebentar dengan Pangdam, Kapolda melihat apa kira-kira yang bisa kita dorong. Danlantamal tadi saya sudah koordinasi untuk mengirim armada karena jalanan putus. Saya sudah kirim banyak sembako, saya sudah koordinasi dengan Telkom supaya segera mengecek jaringan disana, saya juga koordinasi dengan PLN untuk segera membenahi aliran listrik yang ada di sana,” jelasnya.

Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel sendiri, sementara dipersiapkan apa saja kebutuhan yang mendesak yang dibutuhkan masyarakat di Sulbar.

“BPBD Sulsel sekarang kita persiapkan, makanya kita mau kesana mengecek apa saja kebutuhan yang mendesak yang kira-kira kita segera siapkan,” tutupnya.(*)

Berita Terbaru