Ketua MUI Kabupaten Cianjur Resmikan Masjid Al-Muslih

Spread the love

CIANJUR – Ketua MUI kabupaten Cianjur KH. Abdul Rauf meresmikan Masjid Al-Muslih

yang berada di komplek Ponpes Al – Muslih di Kp. Munjul RT. 01/ 07 Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu, (25/02/2023).

“Saya mengapresiasi terwujudnya keinginan pihak yayasan yang ingin memiliki masjid di lingkungan pesantren. Terlebih, masjid yang selama ini ada baru sebatas terbuat dari kayu,” kata Abdul Rauf kepada wartawan.

Abdul Rauf berharap berdirinya Masjid Al Muslih bisa berbarengan dengan semakin majunya keberadaan Pesantren Al Muslih,

sehingga mencetak santri-santri berkualitas. Para santri pun bisa lebih nyaman beribadah di masjid.

“Bangunan masjidnya mungkin bisa ditingkatkan lagi misalnya menjadi dua lantai atau lebih diperlebar. Begitu juga bangunan pesantrennya karena lahannya masih cukup luas,” terangnya.

Rauf pun mendukung semakin banyak berdirinya pesantren, maka akan berdampak terhadap bermunculannya santri-santri.┬áKondisi itu tentu bisa semakin menguatkan Kabupaten Cianjur sebagai kota tatar santri. “Itu harapan kita semua,” tandas Rauf.

Ketua Yayasan Berbahan Kayu Dan Bambu Jadi Pusaka

Ketua Yayasan Al Muslih Kabupaten Cianjur, Agung Taufiqurahman, mengungkapkan sejak pesantren berdiri

selama ini bangunan masjid yang ada hanya terbuat dari bambu dan kayu. Karena sekarang sudah memiliki bangunan masjid yang representatif, maka masjid berbahan bambu dan kayu jadi pusaka.

“Pengerjaan Masjid Al Muslih bisa selesai lebih kurang tiga bulan. Alhamdulillah kita akhirnya bisa mewujudkannya memiliki masjid yang permanen,” kata Agung.

Bangunan Masjid Al Muslih berukuran 7×13 meter. Namun, kata Agung, Masjid Al Muslih belum bisa digunakan melaksanakan salat Jumat.

“Ini karena santri di sini rata-rata berusia di bawah 17 tahun serta dari 50 orang santri yang ada saat ini, di antaranya ada santri perempuan. Jadi belum genap di batas minimal 40 orang untuk salat Jumat. Jadi untuk salat Jumat masih ikut di masjid jami masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala kantor Kemenag Cianjur H. Ramlan Rustandi atau yang mewakilinya,

Pimpinan Ponpes Ummul Quro Al-Islami Bogor KH. Helmy Abdul Mubin, unsur forkopimcam Cianjur, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sukamaju, serta tamu undangan lainya.

Usai digelar Peresmian Masjid Al Muslih tersebut, Selanjutnya, pada sore hingga malam harinya digelar acara Pengajian Lemdikwa Kitab “Mukasyafatul Qulub” hingga acara Tabligh Rajab 1444 H.

Dalam agenda Tabligh Akbar, pihak Yayasan Al Muslih menghadirkan Penceramah Tabligh bernama ust. Hapid Dullah (Pandeglang Banten) yang juga dimeriahkan oleh Papaboy, Senada (senandung kisah dan nada) kak Taufan Chico. *(Denni Krisman)